7 Cara Cepat Membuat Artikel Terindex Google

Erik Dammara
0



cara membuat artikel seo dilengkapi dengan bahasa yang sederhana mudah dipahami, cara membuat artikel cepat terindex oleh google
7 Cara Cepat Membuat Artikel Terindex Google

Sebelum belajar dan menerapkan 7 Cara Cepat Membuat Artikel Terindex Google, pengertian index sendiri sedikitnya harus kita ketahui. Istilah Index mengacu pada makna pengumpulan, pengambilan, pengukuran, daftar sebuah data yang diolah search engine untuk mendapatkan suatu nilai, ya dalam hal ini konten website. Nilai ini nantinya akan ditemukan berdasarkan pencarian pada suatu definisi kata kunci yang dicari pengunjung / netter. Search engine seperti Google, mengumpulkan dan mengolah data yang dimiliki berbagai website di dunia untuk disajikan di halaman terdepan google.
Search engine menggunakan Algoritma pencarian untuk mengambil dan mengukur sebuah data disetiap website.

Dewasa ini, para ahli IT telah banyak membeberkan dan memberi informasi pada publik terkait algoritma yang digunakan search engine yang cukup terkenal yakni google. Singkat cerita, dari tahun 1998 hingga saat ini google telah merilis nama-nama algoritma pencariannya yang tentunya dengan konsep pencarian dan struktur berbeda disetiap algoritmanya. Tahun 2013 google mengenalkan algoritmanya yang bertajuk ‘Google Hummingbird atau Algoritma Google v.7.0’. Algoritma ini masih digunakan google sampai saat ini. Baca Juga : 7 Tips Membeli Notebook Bagi Pelajar / Mahasiswa

Nah, kita sudah sedikit belajar tentang definisi index, sekarang fokus lagi pada cara cepat artikel di index google. Muncul di halaman pertama pencarian google adalah kebanggan, bagaimana tidak? Kita diurutan puncak pencarian. Ibarat kita orang di urutan pertama yang akan dipanggil raja. Tentu untuk dipanggil raja (pengunjung), kita harus menyiapkan semua yang dibutuhkan seorang raja. Dalam konteks ini ya konten dan artikel yang relevan. Lalu bagaimana supaya artikel kita relevan dan terindex di puncak pencarian utama google ? Berikut ini cara-caranya :

1. Template Blog / Website
Template merupakan kriteria utama agar konten artikel kita terindeks google, kok bisa?  Ya, ini sudah pasti. Website terdiri dari struktur HTML yang saling berhubungan dan melapisi antara satu fungsi dan fungsi yang lain. Template ini ibarat tubuh, bila tubuh tidak ada / tidak lengkap bagaimana organ tubuh yang lain akan menjalankan fungsi dan kerjanya? kan tidak bisa.
Untuk template, cukup ganti template dasar blogspot dengan template yang SEO dan Mobile Friendly. Mobile Friendly maksutnya apa ya? Mobile Friendly ini mengacu pada kenyamanan akses yang tidak melulu dari dekstop dan PC tapi juga akrab dengan Ponsel / Smartphone termasuk juga kecepatan akses data.

2. Setting Blog
Untuk membuat situs kita semakin akrab dengan mesin pencari, maka ada yang harus kita rubah sedikit di pengaturan. Ubah Pengaturan di Menu Blog, Seperti Dasar, Pos dan Komentar, Perangkat dan Email, Bahasa dan Pemformatan, Preferensi Penelusuran, Lainnya.

Dasar : Isi Title Blog sesuai keinginan kita. Deskripsi Blog di isi tentang blog, Privasi pilih terdaftar di Blogger, Dapat Terlihat di Mesin Pencari.
Pos dan Komentar : ambil 5-8 posting saja untuk ditampilkan homepage (halaman depan situs).
Perangkat and Email : sesuaikan
Bahasa dan Pemformatan: sesuaikan.

3. Submit Artikel
Mesin pencari seperti Google menyediakan program degan panduan yang memungkinkan webmaster menggunakan fasilitas google untuk mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Namanya Google Webmaster Tool, kita harus mempunyai akun Google untuk menggunakan fasilitas ini. Dengan fasilitas ini artikel kita akan lebih cepat terindex dan terupdate oleh mesin pencari google.

Segera submit artikel di Google Webmaster Tool untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan mendapat banyak visitor. Umumnya artikel baru akan terindex mesin pencari dalam waktu 2-4 hari, lebih beruntung lagi jika bisa terindex dalam waktu beberapa jam. Kita bisa cek dengan cara mengetikan alamat blog atau judul artikel di pencarian Google. Selama itu dilakukan, tetaplah berkarya dengan membuat artikel yang unik, menarik, informatif yang nantinya akan membuat blog kita kebanjiran pengunjung.

4. Fetch ke Google
Di Google Webmaster Tool kita bisa dihadapkan dengan fasilitas Fetch as Google (ambil sebagai google), isilah bidang kosong itu dengan url artikel dan konten yang akan kita index. Cukup sekali saja, agar google tidak mencurigai ini sebagai spam. Jika ada update artikel bisa fetch lagi dikemudian hari.

5. Ping
Dengan ping, website kita akan mendapatkan traffic besar dari search engine. Search engine akan sangat membantu dalam mengindeks artikel yang baru saja kita tulis dan kita publish. Ping Blog bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas ping otomatis dari beberapa situs penyedia ping otomatis. Ini daftar situs yang menyediakan ping otomatis :

(ping.in)
(pingler.com)
(autopinger.com)
(mypagerank.net)
(pingomatic.com)
(onlywire.com)
(pingler.com)
  
6. Hindari Duplikat Konten
Duplikat konten adalah keadaan dimana ada dua atau lebih konten halaman web yang memiliki title dan deskripsi yang sama. Dalam hal seo, ini menghambat dan harus dihindari. Jika terjadi duplikat konten, maka crawler mesin pencari akan kebingungan mana yang akan di rayapi terlebih dahulu, dan itu sangat memusingkan perayap (crawler). Mudah saja untuk menghindari duplikat konten ini, kita cukup menghilangkan Blog Archive dari tampilan website / blog.

7. Submit Sitemap 
Sitemap sendiri merupakan daftar peta situs. Dengan adanya sitemap, maka pengunjung tidak susah untuk mencari konten. Cukup mencari di peta situs, semua konten akan terlabel dan terkategori dengan sendirinya. Untuk submit sitemap bisa kita masukkan di Google Webmaster Tools. Banyak tutorial yang memberi informasi tentang ini. 

Baca Juga : 7 Hal Jika Mengabaikan Website Orang Lain



Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)