Berikut 7 Cara Ampuh Memaksimalkan Seo Blog

Erik Dammara
0

seo blog, jasa seo, seo artikel, membangun sebuah blog dengan seo salah satunya dengan membuat artikel original dan membangun link atau isitilahnya link building
7 Cara Ampuh Memaksimalkan Seo Blog

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara yang dianggap paling mampu mendongkrak popularitas sebuah website di mata Mesin Pencari (Search Engine). Seo mampu memberikan sebuah kedudukan dan posisi tertinggi di puncak pencarian kata kunci di dalam mesin pencari. Banyak para blogger menggunakan cara ini untuk mengenalkan blog dan websitenya dengan harapan mendapat traffic visitor (lalu lintas pengunjung) dalam jumlah besar ke dalam blognya. Para netizen (pengguna internet) umumnya cenderung memilih cara memasukkan kata kunci kedalam search engine dan memulai penelusuran informasi daripada langsung mengetikkan dan menuju URL (Uniform Resource Locator) sebuah website tertentu, kecuali itu merupakan website ternama, terkenal, website news, goverment, dan sebagainya. Tentu hal ini menjadi peluang bagi blogger dan website owner untuk melakukan hal tadi, yakni mendongkrak popularitas dan traffic visitor. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan SEO sebuah blog dan website di mata search engine, adalah sebagai berikut :



1.Memposting Artikel Original

Web Crawler (Spider Bot) lebih suka merayapi dan mengindeks sebuah blog yang memiliki konten dan isi artikel yang asli dan bukan jiplakan. Konten jiplakan mengindikasikan bahwa website tersebut tidak berkualitas dan tidak profesional dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan visitor. Kunci utama sebuah blog terletak pada konten artikel yang asli dan berkualitas. Artikel merupakan informasi dan bisa jadi solusi yang dicari visitor. Oleh sebab itu, pastikan sebuah blog atau website memiliki konten yang berkualitas dengan informasi dan artikel asli yang belum pernah ditulis oleh penulis lain sebelumnya.



2.Membuat Link Yang Saling Bertautan

Perilaku visitor di dalam website perlu kita ketahui, membiarkan mereka leluasa mencari, mengakses dan membaca informasi di website merupakan cara yang baik dalam memperlakukan visitor, terlebih kita memberikan informasi dengan topik lain diluar topik artikel/informasi sebelumya, ini akan membuat visitor betah untuk berlama-lama mampir. Anggaplah sebuah website mempunyai visitor yang sedang mampir di website, link yang saling berhubungan antara satu artikel dengan artikel lain akan memudahkan visitor untuk mendapatkan informasi lebih. Jadi, pastikan didalam artikel terdapat link yang saling bertautan di dalam website itu sendiri.



3.Memaksimalkan Fasilitas Title Text dan Alternatif Text Pada Gambar

Banyak Webmaster terkenal memberikan informasi dan cara SEO dengan ini, contohnya Google Webmaster. Gambar merupakan pendukung utama dalam pemberian informasi, tidak hanya tulisan panjang yang membosankan untuk dibaca, visitor juga perlu ‘cuci mata’ supaya betah di dalam website. Hal lain dari elemen gambar sendiri, juga merupakan peluang SEO dalam artikel. Ini bertujuan memperbaiki posisi teratas pencarian search engine lewat gambar/images. Optimasi ini dilakukan dengan cara menambahkan Title Text dan Alt Text seperti META tadi. Bertujuan untuk mengenalkan kepada search engine, bahwa gambar yang terjudul memiliki hubungan dengan judul dan isi sebuah artikel. Dengan ini, search engine dengan mudah menemukan artikel dengan menelusuri sebuah gambar dan disinilah peran SEO dengan Title Text dan Alt Text pada gambar.



4.Mendaftarkan Blog/Website Ke Search Engine

Mendaftarkan blog ke search engine merupakan tahap penting. Pasalnya, kita akan membuat gebrakan baru yakni mendapatkan posisi teratas di halaman pertama pencarian informasi di search engine. Jika blog sudah terdaftar di search engine, maka peluang artikel dan konten sebuah website akan terindeks dengan cepat.




5.Memasang Meta Tag Pada Struktur HTML Blog/Website

META merupakan sebuah tag yang disisipkan dalam struktur HTML. Umumnya, tag meta berfungsi sebagai pemberi informasi tentang deskripsi sebuah website ke search engine crawler. Hal lain, meta juga berfungsi sebagai penamaan kata kunci (keyword) dan indikator dari website lain yang saling bertautan dengan wesbite itu sendiri. Struktur meta adalah sebagai berikut :



<meta name=’keyword’ content=’description’ >



‘keyword’ berfungsi sebagai kata kunci mewakili sebuah deskripsi elemen tertentu.

‘description’ berfungsi memberikan informasi dan penjelasan sebuah elemen.



6.PING Website Ke Search Engine

Dalam istilah jaringan ping merupakan pengetesan(percobaan) dengan mengirimkan data suatu komputer ke suatu jaringan tertentu. Dengan menggunakan ini, sebuah website dapat diuji apakah sebuah website terhubung dengan website lainnya, dalam hal ini adalah ‘website dan search engine’. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP (Internet Protocol) yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respons dari search engine.

Dengan ping, website kita akan mendapatkan traffic besar dari search engine. Search engine akan sangat membantu dalam mengindeks artikel yang baru saja kita tulis dan kita publish. Sebelum melakukan ping, seharusnya cara-cara di atas tadi sudah dilakukan terlebih dahulu. Berikut website pinger yang dapat digunakan :



(ping.in)

(pingler.com)

(autopinger.com)

(mypagerank.net)

(pingomatic.com)

(onlywire.com)

(pingler.com)



7.Blogwalking Dan Meninggalkan Komentar

Cara ini termasuk cara yang menyenangkan juga mengasyikkan. Betapa tidak, peribahasa bilang ‘sambil menyelam minum air’. Kata ini cocok bagi blogger yang sering jalan-jalan mencari referensi dan informasi ke blog lain. Blogwalking adalah cara yang tepat, selain ilmu didapat dengan cara ini pula secara tidak langsung kita bisa mempromosikan website dan blog kita pada website lain yang sedang kita kunjungi. Tentu, bukan berarti kita dapat meninggalkan jejak komentar sekehendak hati kita, sebelum meninggalkan komentar juga harus mematuhi rules yang ada di website tersebut. Jika kita sopan, maka author dan admin di website tersebut akan menyambut dan membalas komentar kita dengan ramah.



Nah, kita sudah belajar cara SEO, untuk mengukur tingkat SEO sebuah website, kita bisa membacanya di artikel 3 Cara BaruMengetahui Kualitas Seo Blog yang saya post.



Terima Kasih telah berkunjung dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)