7 Tips Membeli Memory Card Untuk Smartphone

Erik Dammara
0
harga memory card, memory card berkualitas
Buying Memory Card

Selain cloud storage, media penyimpanan data atau file yang paling banyak digunakan ialah memory card, tentunya hardware ini sangat simple, mini, efisien ruang dan mudah dipasang di perangkat/ponsel kita. Tetapi mungkin ada suatu hal yang belum kita cermati dengan seksama terhadap memory card, seperti terkesan tidak penting atau mengesampingkan, hal ini bisa berdampak buruk bagi perangkat. Media penyimpanan itu ibaratkan ‘Gudang’. Apa sesuatu yang berhubungan dengan ‘Gudang’ ? Kotorkah bila tidak terawat? Ini sama halnya dengan memory card, jika tidak dirawat (maintenance) memory akan mudah terserang virus dan akhirnya berdampak buruk terhadap performa perangkat kita. Tidak ada salahnya juga sebelum membeli memory card memperhatikan hal – hal dibawah ini.

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan sebelum membeli memory card :

Sesuaikan Kapasitas Memory Dengan Kebutuhan
Ini hal pertama yang harus diperhatikan, sepertinya kalau hanya untuk menyimpan musik, foto yang tidak terlalu banyak ukuran 2GB ini sudah mencukupi. Dengan ukuran sebesar itu, kita sudah bisa menyimpan ratusan lagu dan foto. Jika kita termasuk kolektor video, film, dsb, ukuran 2GB jelas tidak memenuhi kebutuhan, maka belilah yang lebih dari ukuran itu. Semua tergantung pada kebutuhan kita.

Pastikan Memory Card Memiliki Garansi
Ini hal yang menggembirakan dan cara mengamankan isi dompet, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun bila suatu saat terjadi kerusakan terhadap memori card kita, cukup claim dengan membawa surat garansi, kita akan mendapakatkan memori card yang baru.

Perhatikan Kapasitas Yang Didukung Oleh Perangkat
Selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu, memastikan bahwa kapasitas memory card kita sesuai dengan kemampuan kapasitas maksimal perangkat kita. Jika melebihi, ini sama saja kita memaksa sistem bekerja ekstra diluar kemampuan. Dan mungkin saja perangkat kita akan mendapati sebuah masalah, ujung – ujungnya toko service ponsel kita kunjungi.

Waspadai Fragmentasi
Fragmentasi merupakan perpindahan data/data yang melompat keluar dari link-list (indeksnya), mengapa fragmentasi terjadi ini juga karena hal tadi, terlalu banyak file yang terhimpun didalam list sehingga data tidak dapat masuk kedalam list yang sudah penuh sebelumnya. Memori itu terdiri dari elemen, setiap elemen atau list memiliki kapasitas bermacam – macam, ada yang 4096 bytes, 8192 bytes, 16 kilobytes, 32 kilobytes, dan 64 kilobytes tergantung jenis alokasinya.

Menjaga Jumlah Data & Sisa Ruang Yang Ada
Ini sangat jelas, bahwa semakin banyak data yang terhimpun didalam memori, maka kecepatan akses data juga akan menurun. Lebih mudah atau cepat mana mencari sebuah file didalam 10 kotak dibanding 100 kotak? Jawabannya pasti lebih cepat mencari file didalam 10 kotak. Maka ini tidak baik bila file di dalam memori terlalu banyak.
Berikanlah sisa ruang sekitar 10% dari kapasitas memori card. Mengapa? Ruang sebesar itu akan digunakan sistem untuk menyimpan cache dan proses baca tulis memori. Ini akan meningkatkan performa.

Membeli Memory Card Yang Branded (Terkenal)
Kualitas itu berbanding lurus dengan kuantitas, bukan berarti yang murah itu tidak bagus, mungkin saja tawaran memori card dengan harga murah malah mendatangkan resiko besar bagi perangkat yang kita pakai, yang terpenting kita tidak tertipu dibalik harga yang murah.

Ukur Kecepatan Memory Card
Sebaiknya kita melakukan pengukuran terhadap memory card kita. Kita dapat menggunakan berbagai macam aplikasi yang bisa kita dapatkan secara gratis di Playstore.

Itulah tadi hal – hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Memory Card.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)