Cara Mudah Mengatasi Komputer Lemot !

Erik Dammara
0
Terkadang kamu merasa sebal dengan kondisi komputer kamu, disaat tugas menumpuk, belum terselesaikan, kinerja PC mu kok dirasa lamban, lelet, dll. Tentu memicu emosi ya, membuat mumet dan stress :-D (mungkin). Sedikit dari kalian berfikir mungkin masalah terjadi pada OS, dan kamu putuskan untuk Inul (Install Ulang), sebenarnya itu tidak perlu,hal sekecil itu mungkin saja terjadi karena kinerja Harddisk PC mu yang tidak stabil dan inilah penyebabnya. Semakin lama digunakan, komputer akan semakin berkurang kapasitas penyimpanannya, dan menyebabkan penumpukan data yang tidak sesuai dengan tracknya masing – masing, kata lainnya terjadi Fragmentasi Data.


Sedikit tentang cara kerja HardDisk nih,,,


Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track, tiap track ini dibagi menjadi sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan dengan menggunakan head untuk melakukannya yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector-sector tertentu untuk melakukan operasi. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track yan disebut latency sehingga suatu data dapat ditemukan oleh komputer kamu, nah yang menjadikan komputermu lamban adalah ini, seektime yang lama.


Nah, untuk mengatasi hal itu gampang kok, kita gunakan saja Tool Defragment bawaan Windows, gunanya untuk mengumpulkan data sesuai dengan tracknya,, Tenang saja, data kalian tidak akan hilang kok..


Ikuti langkah – langkahnya ya, rasakan perbedaaanya nanti setelah di defrag ;


Pertama, Kalian tentukan dulu, Disk yang akan di defrag, contohnya nih saya defrag Local Disk D, Klik kanan Properties > Tools > Defragment Now



Setelah itu, klik Analyzed Disk





Tunggu deh sampai 100% fragmented, saya sarankan untuk tidak membuka program selama ini berlangsung, biar lebih cepet aja prosesnya..

Sekian ya tutor kali ini.. Thx,,

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)