Dunia Programming menurut saya sangat
menantang, sebab apa? Terkadang sebuah ide kecil yang kita miliki itu bisa jadi
perubahan besar bila kita memahami cara mengembangkannya, terlebih bila ada
niat membuat sebuah program aplikasi yang belum pernah dibuat sebelumnya,
tentunya sangat menarik bukan ? Semua orang bisa bisa memogram, namun tidak
semua orang bisa merancang algoritma pemrograman dengan baik dan benar, program
boleh saja benar dan berhasil dijalankan, namun algoritma di dalamnya harus beurutan dengan langkah-langkah logis dan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Apa sih Algoritma itu? Baca Pengertian Algoritma Dan Bentuk Penyajiannya
Algoritma merupakan suatu metode khusus
yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan ditulis
secara sistematis untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Sebelum melakukan coding (memogram)
kita harus terlebih dahulu mengerti jenis – jenis type data. Type data nantinya
akan dimasukkan dalam setiap deklarasi variable saat pertama kali coding
program.
Type data ALFANUMERIK ada 2 jenis yaitu
:
Type data
numerik
Type data yang berupa angka - angka,
type data ini sangat banyak digunakan dalam program – program perhitungan. Bisa
berupa angka bulat dan pecahan. Intinya melakukan operasi aritmatik.
Tipe
Data C#
|
Tipe Data .NET
|
Byte
|
Nilai Minimum
|
Nilai Maksimum
|
Sbyte
|
System.Sbyte
|
1
|
-128
|
127
|
Byte
|
System.byte
|
1
|
0
|
255
|
Int
|
System.Int32
|
4
|
-2.147.483.648
|
2.147.483.647
|
Uint
|
System.Uint32
|
4
|
0
|
4.294.967.295
|
Short
|
System.Int16
|
2
|
-32.768
|
32.767
|
Ushort
|
System.Uint16
|
2
|
0
|
65.535
|
Long
|
System.Int64
|
8
|
-9.223.372.036.
854.775.808
|
9.223.372.036.854.775.807
|
Ulong
|
System.Uint64
|
8
|
0
|
18.446.744.073.709.551.615
|
Char
|
System.char
|
2
|
0
|
65,535
|
Float
|
System.single
|
4
|
1.5
x 10-45
|
3.4 x 1038
|
Double
|
System.double
|
8
|
5.0
x 10-324
|
1.7 x 1010308
|
Bool
|
System.boolean
|
1
|
false
(0)
|
true (1)
|
Decimal
|
System.decimal
|
16
|
1.0
x 10-28
|
7.9 x 1028
|
Type data
Alfabet
Type data ini biasanya dipakai dalam
program – program logika dan sebagainya. Data berupa huruf dan sebagianya.
Jika kalian sudah memahami semua type
data diatas saya yakin kalian akan terbiasa mengkonsep dan mengira – ngira type
data apa yang harus kalian pakai di program kalian, pilihlah type data yang
dekat dengan jumlah nilai akhir dari program kalian supaya tidak menghabiskan banyak
memori dan megoptimalkan program itu sendiri.
Misal kalian membuat program perkalian
yang dimana nilai akhirnya kurang ±10.000, alangkah baiknya kalian menggunakan
type data short / ushort.