9 Sisi Positif Dan Negatif Bekerja Dari Rumah

Erik Dammara
2

Bekerja Dari Rumah

Semangat Kerja


Tidak selamanya kerja di kantor itu menyenangkan, mungkin saja membuat anda bosan dan ingin mengerjakan tugas dari rumah saja dan lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga tercinta, ini merupakan salah satu keinginan yang mungkin sangat sulit untuk anda dapatkan, anda harus bisa membuat surat permohonan atau sama sekali surat itu tidak akan diterima oleh bos anda kecuali ada perjanjian khusus saat pertama kali melamar pekerjaan. Bekerja di kantor atau dari rumah sebenarnya sama saja, hanya jika saja anda bekerja dari rumah akan ada sebuah perbedaan sikap yang signifikan terhadap diri anda. Apa saja itu? Berikut 9 sisi positif dan negatif bekerja dari rumah :

Sisi Positif Dan Negatif Bekerja Dari Rumah


Menjadi Malas
Jika tidak percaya hal pertama ini, coba hitung jumlah lagkah kita dari saat bangun sampai kembali lagi ke tempat tidur. Anda mungkin akan terkejut akan hasilnya. Ternyata kita hanya berjalan tidak lebih dari sekitar kamar mandi dan lemari es. Di kantor biasanya kita harus pergi jauh untuk mendapatkan makanan, kopi, air, dan pergi ke kamar mandi, itu belum termasuk berjalan ke ruang rapat, pergi keluar untuk merokok, atau pergi ke ruangan rekan kerja.


Menjadi Lebih Liar
Sebelum menhabiskan beberapa waktu bekerja sendirian. Anda mulai kehilangan kontrol  sosial yang biasa. Kita tidak lagi merasa perlu menjaga perilaku seperti halnya di kantor.

Kucing Anda Bisa Mendatangkan Malapetaka
Kucing selalu ingin duduk dimana perhatian kita tertuju, yang bagi kita itu berarti pada keyboard atau didepan monitor. Cepat atau lambat anda akan bangun untuk mengambil secangkir kopi untuk meregangkan otot dan kucing anda juga akan melakukan ‘peregangan’. Pada akhirnya, anda harus menjelaskan bagaimana tabel terhapus dari database dan mengapa anda mengirim gambar aneh ke CEO.

Tetangga Tidak Paham
‘Oh anda bekerja di rumah, enaknya’ begitu kata tetangga kita. Dalam pikiran mereka, itu berarti kita menghabiskan waktu sepanjang hari bermain-main karena kita mengatur jam kerja sendiri dan tidak  ada yang mengawasi.  Pada akhirnya mereka mungkin mampir kerumah kita untuk sekedar mengobrol dan menonton televisi.

Anda Tidak Dikenali
Sudah terlalu lama sejak kita terakhir melihat atasan sehingga lupa seperti apa tampangnya. Tiba-tiba, kita dipanggil kembali ke kantor. Kita parkir didekat pintu depan karena datang terlalu awal masih sepi. Sebuah mpbil diparkir disamping kita dan seorang pria keluar untuk beberapa saat dia menatap kesal dan menegur, tetapi beru kemudian ia menyadari bahwa itu anda. Anda tidak dikenali lagi.

Lupa Cara Berinteraksi
Setelah tidak punya orang untuk diajak bicara kecuali kucing, anjing, dan tetangga sesekali, kita belum bicara dengan siapapun sejak kunjungan terakhir ke kantor dan mendapatkan diri anda tidak mengetahui semua aturan yang biasa.

Menghindari Pekerjaan
Pada hari ketika kita tidak ingin merasa bekerja, tidak ada orang yang akan menyuruh kita melakukannya. Jadi, bukannya mengambil hari libur, bahkan berpura-pura sakit anda menghabiskan sepanjang hari menatap komputer, melihat apa yang ditangkap kucing, menatap komputer lagi, menatap ke langit2 rumah kemudian menghabiskan sepanjang malam dengan perasaaan bersalah karena hari yang sia-sia.

Tidak Ada Lagi Izin Sakit
Berbaring di tempat tidur sambil minum obat sepanjang hari, tetapi masih juga mengelola jaringan, itu bukan sakit. Supaya dibilang sakit, anda harus tidak sadar
dan berada di rumah sakit.

Terpenjara Di Tempat Kerja
Hal terburuk tentang bekerja dari rumah adalah  bahwa kita tidak pernah meninggalkan ‘kantor’. Adanya laporan yang perlu ditulis membuat kita harus bangun dini hari misalnya. Orang biasanya akan kembali tidur karena dalam diri mereka sudah tertanam untuk mengerakan itu segera setelah mereka sampai di kantor, setelah minum secangkir kopi tetntu saja. Anda menghela napas, mengatur alarm, dan mencoba tidur.  Namun komputer anda ada disana tepat diseberang ruangan. Anda bahkan tidak mematikannya. Sudahlah,  sekalian saja tulis laporan itu sekarang. Lagipula anda tidak biasa tidur. Hal berikutnya yang terjadi adalah perut anda membuat suara2 aneh dan anda terkena sakit kepala karena minum kafein terlalu dini.

Itulah tadi 9 Sisi Positif Dan Negatif Bekerja Dari Rumah

Post a Comment

2Comments
  1. :>) Haha bisa aja riset nya nih gan :D

    ReplyDelete
  2. Belum satu tahun saya bekerja full time di rumah karena profesi saya sebagai penyedia jasa seo, tapi so far so good aja tuh.. dengan tetangga sekitar tetap akrab dan popularitas di lingkungan juga tidak berkurang.. he he he.. :-d

    ReplyDelete
Post a Comment