7 Tips Membeli Notebook Bagi Pelajar/Mahasiswa

Erik Dammara
0

cara membeli laptop yang baik dan sesuai spesifikasi

Zaman sekarang, komputer jinjing atau yang kita kenal dengan laptop sudah menjadi kebutuhan utama dalam aktivitas sehari–hari, lebih–lebih terhadap mereka mahasiswa dan pelajar. Meneruskan study di era teknologi seperti ini, membuat mereka harus menyatukan tren dan kelengkapan teknologi. Oleh karena itu, membeli sebuah notebook/laptop untuk keperluan belajar ini bukanlah hal yang sepele, sebab ini juga harus memikirkan kinerja notebook itu nantinya.

Menurut mereka (responden), hal utama yang cukup penting dalam membeli notebook adalah pertimbangkan budget, design/style dan fungsinya. Sayang banget kan misal kalo kuliah Teknik Informatika yang hubungannya langsung dengan bahasa pemrograman malah spesifikasi notebooknya dibawah standart, lemot kan jadinya? Harusnya notebook usia pakainya lebih lama,eh malah harus bolak-balik tukang service komputer. 

Tips Membeli Notebook Yang Baik

Oke Sobat, point-point dibawah saya dapatkan dari berbagai sumber termasuk kawan2 saya sendiri. Berikut saya paparkan beberapa tips memilih notebook yang baik dan sesuai bagi mahasiswa dan pelajar :

Design/Style
Saat ini yang jadi pusat perhatian apa coba kalo bukan gaya ? Dengan mempertimbangkan budget yang ada, kita bisa nye-tyle sesuka hati. Asal jangan berlebihan saja, lebih baik budget itu dibuat biaya study deh daripada terbuang percuma ya kan.

Pertimbangkan Budget
Tidak bisa dipungkiri kalo budget memang hal yang utama, keinginan seseorang berbeda-beda, kadang suka designnya tapi harganya mahal. Sekarang harga laptop cukup terbilang terjangkau menurut saya, 4,5 juta sudah iCore 3 udah bagus tuh, spesifikasi processor juga udah dapet, tinggal bagaimana cara kita merawat notebooknya saja, sebab semahal-mahalnya laptop tapi maintenancenya ga maksimal ya sama saja zonk.

Ruang Storage(Harddisk)
Untuk hal yang satu ini, ‘mungkin saja’ nih kalo zaman sekarang sebagian dari mereka sudah ga terlalu berfikir panjang ya, karena saat ini kan sudah ada Cloud Storage gratis lagi, mau nyimpen file apa saja bisa di internet ga perlu repot2 bawa harddisk kemana2 kaya dulu, cukup yang terpenting saja disimpan di flashdisk. Pastinya koneksi internet musti wus wus ya hehe. Namun, disamping itu ya harddisk tetep diperlukan lah, pastikan saja harddisk memiliki space yang cukup besar untuk menyimpan file sobat.


Kartu Grafis (VGA)
Bagi sebagian gamers, mereka lebih berburu laptop dengan spesikasi kartu grafis yang lebih tinggi dibanding intel HD, mereka memilih kartu grafis diatas 2GB yang nyatanya memang harganya lebih mahal daripada kelas standartnya. Namun bukan berarti intel HD tidak bisa memainkan game yang memiliki tingkat grafis yang tinggi, hanya saja itu  akan membuat kinerja RAM semakin berat. Umumnya mereka menggunakan laptop dengan VGA intel HD bagi mereka yang bertipikal tidak suka gaming dan hanya suka untuk sebuah laptop yang hemat daya, dan di tunjukan untuk multimedia . Pastikan sobat membeli laptop dengan kartu grafis yang sesuai.

Operating System
Misal kalian ga mau kerepotan saat instal OS, minta instalkan saja langsung di toko sobat membeli laptop, dan pastikan juga kalo OSnya asli. Karena banyak sekali OS bajakan yang akhirnya mudah terserang virus. Itu yang penting.


Program Aplikasi
Yang paling penting sih M.Ofice juga terpasang di laptop kalian, seperti pengetikan, perhitungan, presentasi, dll. Utilitas lainnya juga kaya antivirus, grafis editor, pembaca pdf, browser, mp3 player, video player dan aplikasi penunjang lainnya.

Garansi Toko
Ini merupakan hal yang juga penting. Pastikan tempat sobat membeli laptop memberikan garansi terhadap barang yang dibeli dan menyediakan layanan service terlengkap.

Itulah tadi beberapa point penting untuk pertimbangan saat sobat ingin membeli notebook/laptop. Terima kasih telah membaca 7 Tips Membeli Notebook Bagi Pelajar / Mahasiswa


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)