Debugging Console C# | Penanganan Error Dengan "Try Catch"

Erik Dammara
0

CODING


Istilah ‘Coding’ sudah tidak asing lagi bagi para disiplin ilmu di bidang komputer, namun bagi yang lainnya mungkin ada yang belum paham artinya. Dalam ilmu komputer ini sangat jadi hal yang utama. Coding adalah proses penginputan kode – kode dan instruksi terhadap bahasa pemrograman dalam pembuatan program itu sendiri. Coding dilakukan dengan Algoritma yang tersusun rapi. Bahasa Pemrograman menerima instruksi (coding) dari programmer. Sering kali dalam coding sendiri ditemukan kode yang ERROR / BUG sehingga program tidak bisa di jalankan.

Jenis Error Dalam Pemrograman C#


Error dalam pemrograman ada 3 macam :

1 --- Syntax Error, terjadi karena struktur penulisan kode program yang  tidak sesuai dengan aturan bahasa pemrograman. Penanganannya (Catch) bisa di perbaiki dengan menyesuaikan kode program dengan aturan-aturan pada bahasa pemrograman.

2 --- Runtime Error, terjadi ketika komputer melakukan operasi yang tidak bisa ditangani (tidak memberikan hasil), runtime error terjadi pada saat akan melakukan building/run program.

3 --- Logical Error, suatu kesalahan yang mengakibatkan hasil perhitungan atau proses eksekusi program tidak sesuai dengan yang diharapkan. Biasanya terjadi pada program yang tidak direncanakan secara matang. Jadi, logical error terjadi pada saat program berhasil di build dan kesalahannya terletak pada proses logica(perhitungan) program itu sendiri.

Dalam hal Error progammer menggunakan “try catch” yang dimasukkan dalam koding itu sendiri. Sehingga istilah ini disebut dengan Debugging (Penanganan Error).


Ini adalah contoh Debugging dalam Bahasa C# (program penjumlahan)
namespace debuging
{
class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
byte a = 0;
byte b = 0;
int c = 0;
string inputan = "";

inputan = "salah";

while(inputan == "salah")
{
try
{
Console.Write("Nilai A = ");
a = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
inputan = "benar";
Console.Write("Nilai B = ");
b = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
inputan = "benar";

c = a + b;

Console.WriteLine("Nilai C = ..... {0}",c.ToString());
}

catch (Exception)

{
inputan = "salah";
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Inputan salah ! !");
Console.WriteLine("Input harus angka antara 0 - 255");
}

Console.WriteLine();

}

Console.ReadKey(true);

}
}
}

Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)