Cara Cepat Membuat Game Dengan RPG Maker | Tips & Trik

Erik Dammara
0
Adakah diantara kalian yang belum mengenal istilah ‘RPG’ ? Kalau di kampus saya ini adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang berkecimpung di dunia Game namanya Rumah Programmer Game. RPG merupakan aliran game populer singkatan dari Role-Playing-Games. Coba kalian tanya deh pada para gamer, siapa yang tidak mengenal dengan publisher dan developer game RPG seperti Square Enix, Blizzard, dan Bioware ? tentunya mereka mengenalnya :>) (saya saja belum kenal siapa mereka2).


Cara Cepat Membuat Game Dengan RPG Maker | Tips & Trik

Membuat game – game berkelas seperti para developer diatas bukanlah perkara mudah, walau hanya sekedar membuat game sederhana, paling tidak kalian harus menguasai coding, alur cerita game, tujuan game, desain karakter, dan lain – lain. Kesemua itu bukan pekerjaan yang cukup singkat, terlebih jika menggunakan program yang kurang sesuai. Meski begitu bukan berarti membuat game RPG dengan Visual Studio tidak tepat, hanya saja kalian memerlukan elemen grafis, class dan database yang diperlukan.


Namun kalian jangan berkecil hati, kalian akan bisa membuat game sendiri nantinya bila belajar dengan serius dan tekun, tentunya dengan pengarahan dari yang sudah berpengalaman di dunia game developer, kalian akan diajarkan disana bagaimana cara membuat game yang baik, walau tampak sederhana namun game yang dibuat memiliki nilai hiburan dan pesan yang baik. Karena bisa jadi, ide yang kalian punya itu menarik, bisa disajikan dalam bentuk game RPG sederhana yang nantinya bisa menginspirasi gamer yang memainkannya.


Bagi yang ingin belajar secara otodidak untuk membuat game, kalian nantinya bisa menggunakan program RPG Maker.


Apa itu RPG Maker? RPG Maker merupakan software yang dikeluarkan developer asal jepang bernama ASCII (Enterbrain). Awalnya aplikasi ini hanya dibuat dalam bahasa Jepang, namun alih bahasa disempurnakan dalam RPG Maker 95+.


Kalian bisa mendownload program (softwarenya) disini


Dan tutorial step by step pembuatan gamenya dikupas tuntas disini

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)